Kamis, 24 November 2011

Makanan Korea Yang Menggugah Selera :D

Heyyy semua, kali ini gue mau ngeposting lagi.Kali ini tentang makanan khas korea yang sering di makan kalau lagi syuting drama korea *promosi* yang pasti bikin ngiler abis dan bikin laper kalau nonton itu. Dari model kimchi kimkibab dll. oke selamat bacaa,,

1.SUNDUBU JIGAE

                                          
Makanan Korea yang panas banyak jenisnya tetapi yang disebut panas biasanya mempunyai kuah panas. Makanan panas itu cukup menghangatkan badan hingga orang dapat bertahan dalam kedinginan baik di dalam maupun di luar ruangan. Korea yang bernama ‘Sundubu Jjigae’ sebagai masakan yang sangat cocok dengan musim dingin.Sundubu Jjigae adalah masakan khas Korea yang dibuat dari tahun yang lembut seperti sutra dalam kaldu sapi atau hasil laut yang pedas dilengkapi dengan daging, bawang bombay, dan Kimchi dan sangat cocok untuk dimakan di musim dingin. Sundubu Jjigae yang panas dan pedas mungkin orang dapat melupakan sebentar dinginnya cuaca.

2.MIE RAMYEON(kalau dijepang namanya ramen)
                                          

3.BOKKUMBAP(nasi goreng khas korea)
                                        

4.KIMCHI
                                         
kalo agan yg suka nnton K-drama atau K-movies...pasti tau mkanan ini...,
Kimchi adalah makanan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah.

Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Di zaman dulu, kimchi diucapkan sebagai chim-chae (Hangul: 침채;Hanja: 沈菜) yang berarti “sayuran yang direndam.”

Di Korea, kimchi selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis banchan yang paling umum. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap), dan berbagai masakan lain

5.DOLSOT BIM BIM BAP
                                        
Dolsot bim bim bap adalah nasi campur korea, yang isinya sayur2xan ditambah sambal korea, trus diaduk2x, jadi satu.Ternyata nasi campur korea ini rasanya enak & menyehatkan.Dolsot Bibim Bap ini biasanya dimasak di mangkuk batu,


6.bibimbap
                                          
ini dia makanan yang paling sering muncul di drama-drama korea.setiap nonton drama korea,makanan yang satu ini asti gak pernah ketinggalan, selalu muncul dan bikin ngiler.apalagi kalau ngeliat ekspresi pemainnya yang yang lagi makan bibimbap.apa sih bibimbap itu? bibimbap atau yang biasa disebut nasi campur, adalah salah satu makanan khas korea yang isinya nasi putih dan sayur-sayuran yang dicampur menjadi satu di dalam sebuah mangkuk.nama bibimbap sendiri berasal dari kata bibim yang artinya campur dan bap yang artinya campur.

isi yang biasanya dicampur buat bikin bibimbap adalah timun jepang,bayam,lobak,pasta kedelai,jamur,gosari,selada dan juga rumput laut kering.selain sayuran bahan campuran bibimbap ada daging sapi dan telur mentah.bibimbap juga pakai sambal yang namanya gochujang atau pasta cabai.nah sambal ini yang bikin bibimbap warnanya menjadi merah dan sangat pedas.bibimbap dihidangkan disebuah mangkuk batu yang sudah dipanaskan yang disebut dolsot bibimbap (mangkuk panas bibimbap). dan panas dari dolsot inilah yang bikin telur mentah yang dicampur jadi matang.jadi telur tidak akan bau amis.

7.jajangmyun

ini adalah mie hitam korea.kenapa disebut mie hitam?bumbu dari mie ini terbuat dari kacang kedelai hitam.atau di indonesia lebih dikenal dengan nama taoco hitam. karena warna mie yang sangat hitam, masyarakat korea menyebut mie ini sebagai mie kegelapan.sebenarnya mie ini bukan khas dari korea,melainkan dari beijing yang diadaptasi sesuai cita rasa korea.

bentuk mie jajangmyun berbeda dari bentuk mie biasa.mie dari korea ini bentunya lebih lebar dan warnanya putih. didalam jajangmyun juga ada sayuran,seperti sawi,kentang,bawang bombay,daun bawang,dan juga daging sapi.mie ini sangat enak dan juga sehat.

8.ddeokbokki

ddeokbokki atau yang lebih gampang disebut topkki adalah jajanan yang biasanya ada dipinggir jalan di korea. topokki bisa disebut snack.karena topokki bisa dimakan kapan saja.topokki kadang juga disebut kue beras.karena makanan ini terbuat dari tepung beras.

.kimbab

nasi gulung yang satu ini pasti sudah familiar.soalnya banyak yang bilang kalau kimbab itu adalah saudara kembarnya sushi,bahkan ada yang bilang kalo kimbab adalah sushinya korea.tapi ternyata kimbab dengan sushi berbeda.apalagi buat masalah rasa.kalo sushi rasanya lebih asam soalnya pakai cuka garam, gula dan garam.kalau untuk kimbab cukup pakai merica dan pakai garam saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar